Ketika Kuping Berdengung, Doa Inilah yang Harus Dibaca

 Ketika Kuping Berdengung, Doa Inilah yang Harus Dibaca



Terkadang telingan atau kuping kita mendengung, ciuung,.., seketika dalam beberapa sekon terasa seperti bersentuhan dengan sesuatu entah apa. Atau adapula yang kupingnya mendengung seperti ada sesuatu yang lewat sekejap tetapi halus di atas kepala. Dan barangkali banyak orang mengalami telinganya berdengung dengan berbagai pengalaman. 

Hanya saja ini ada satu hal yang perlu dicatat, berdasarkan hadis riwayat Ibnu Addiy dari Abu Rafi' berikut ini;


إِذا طنّت أذن احدكم فليذكرني وليصلّ عليّ وليقل "ذكر الله من ذكرني بخير" 

"Apabila telinga salah seorang diantara kalian berdengung, hendaklah ingat akan daku (Nabi Muhammad SAW), dan bersholawatlah segera kepada Ku, dan ucapkan   "ذكر الله من ذكرني بخير" (Semoga Allah menyebut nama orang yang telah menyebutku dilimpahi dengan kebajikan)."

HR Ibnu Addiy dari Abi Rafi'

Bahwa, rupanya, dari Hadis ini dapat dipahami manakala telinga seseorang berdengung itu sebenarnya Rasulullah SAW sedang mengenang atau menyebut namanya-- walaupun Rasulullah sudah wafat. Jadi, jika telinga kita berdengung itu tandanya Nabi kita Muhammad SAW sedang mengingat atau menyebut-nyebut nama kita. Karena itu, sebagaimana dianjurkan oleh beliau dalam hadis ini, agar kita segera mengingat atau menyebut pula nama beliau (Nabi Muhammad saw) dan bersholawat dan segera mengucapkan bacaan di atas. 

Hadis tentang Telinga Berdengun ini dapat dibaca di kumpulan 2000 hadis, yang dita'lif oleh As-Sayyid Ahmad Alhasyimiy Bik, dan kitab tersebut diberi judul "Mukhtarul Ahadits Annabawiyyah wal Hikamul Muhammadiyyah". 

Duaribu hadis ini dikumpulkan dari Kutubut Tis'ah (9 induk kitab hadis) dan salah satunya berisi hadist Telinga Berdengung ini.

0 Komentar