Doa Anak Shaleh untuk Kedua Orang Tua

Doa Anak Shaleh untuk Kedua Orang Tua

DOA ISLAM -
Islam mengajarkan pada kita agar senantiasa berbakti kepada orang tua. Banyak hal dapat kita lakukan untuk mewujudkan rasa bakti itu baik ketika dalam kodisi mereka masih hidup ataupun sudah wafat. Diantaranya adalah mendoakan kedua orang tua. 

Dalam Islam, mendoakan kedua orang tua adalah tanda bakti, cinta, dan kasih sayang anak. Oleh karena itu, sebagai anak, kita dianjurkan untuk selalu mendoakan orang tua setiap saat.

Saat orang tua kita masih hidup, tentulah kewajiban bagi kita memperlakukan mereka dengan baik, mencukupi kebutuhan mereka bila mampu.

Namun hal yang dapat diperhatikan, ketika manusia meninggal dunia, maka terputus sudah amal jariahnya kecuali tiga perkara yakni: sedekah jariyah, ilmu bermanfaat dan doa anak yang sholeh. Sebagaimana disebutkan dalam hadits tentang 3 amal yang tidak terputus pahalanya mesipun sudah wafat.

Hadits tersebut diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dalam hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh yang berdoa baginya."

Salah satu bentuk rasa bakti kepada orang tua, bahkan yang dapat menyelamatkan mereka di akhirat kelak adalah selalu mengirimi mereka dengan doa.

Bacaan doa untuk orang tua paling utama

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfirlii wali waalidayya warham humma kamaa rabbayaanii shaghiiraa

Artinya: 

Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan kasihilah mereka sebagaimana mereka merawat aku di waktu kecil.

Bacaan doa untuk orang tua memohon ampunan

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَوَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya: 

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat.


0 Komentar